Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Senin, 08 Desember 2014

Manfaat daun salam bagi kesehatan dan khasiatnya

in Rempah rempah

Manfaat daun salam
Di Indonesia pohon salam (syzgium polyanthum) kalah terkenal di banding daunnya. Ini karena daun salam umum di jual di pasar sebagai bumbu dapur. Orang sumatra menyebut pohon salam sebagai ubar serai atau sebagai meselangan. Orang jawa menyebutnya manting. Ada juga menyebutnya semak, kelat semak atau serah.

Tumbuhan ini mengandung minyak asiri khususnya sitrial dan eugenol, juga mengandung tanin dan flavonoid. Pohon salam berukuran sedang dengan tinggi antara 30-60 cm. Kulit batang berwarna cokelat abu abu denagn tekstur bersisik dan memecah. Daunnya saling berhadapan berbentuk jorong lonjong, jorong sempit atau lanset dan memiliki 6-11 urat daun sekunder juga sejalur urat daun intramarginal yang jelas terlihat di tepi helaian dengan bintik kelenjar minyak yang sangat halus. Bunga tanaman salam berupa malai dengan banyak kuntum ( bunga majemuk) berwarna putih memiliki aroma yang harum, muncul dari bawah/ketiak daun. Buah dari tanaman salam berupa buni  membulat dan agak tertekan, memiliki mahkota keping kelopak. Warna buah merah sampai ungu kehitaman apabila masak.

Manfaat daun salam


1. Diabetes mellitus

Cuci bersih 20 lembar daun salam segar lalu rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas saja. Saring lalu di minum 2 kali sehari sebelum makan.

2. Sakit maag

Rebus daun salam sebanyak 12 lembar dalam air 1/2 liter. Biarkan mendidih selama 1/4 jam lalu tambahkan gula aren secukupnya. Pengobatan di lakukan dengan meminum air rebusan tersebut setelah di dinginkan.

3. Diare

Rebus 15 lembar daun salam dengan 2 gelas air, biarkan mendidih selama 10 menit. Lalu tambahkan sedikit garam. saring dan minum sekaligus.

4. Kudis

Haluskan daun, kulit batang dan akar salam secukupnya dengan cara di tumbuk. Balurkan ke bagian badanyang sakit.
Manfaat dau salam segar

5. Asam urat

Rebus 10 lembar daun salam dengan 700 cc air. Biarkan mendidih hingga tersisa 200 cc saja. Minum selagi hangat.

6. Kolestrol tinggi

Rebus 7 lembar daun salam  dan 30 g dau ceremai ke dalam 600 cc air. biarkan mendidih hingga tersisa 300 cc. Minum rebusan air tersebut secara teratur.

7. Melancarkan peredaran darah

Rebus 7 lembar daun salam dan 3o g daun dewa segar dengan 700 cc air hingga tersisa setengahnya (350cc) saring lalu minum 2 kali sehari.