Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Sabtu, 06 Desember 2014

Manfaat rempah rempah ( lada ) untuk berbagai jenis penyakit

in Rempah rempah

Beberapa jenis lada
Buah lada (piper nigrum  L.)  yang masak bisa di gunakan sebagai bumbu dapur. Sedangkan, lada kering banyak di perlukan sebagai obat. Pemetikan buah di lakukan pada saat buah masih berwarna hijau, kemudian di jemur atau di keringkan di atas api hingga menjadi keriput. Lada berbau khas aromatik dan berasa pedas. Buah lada mengandung saponin, flavonoida, dan minyak asiri.

Nama daerah lada antara lain koro koro (Enggano), lada (Aceh,Lampung), lado ketek (Minangkabau), lada kecik (Bengkulu), Pedes (Sunda), merica (jawa tengah), sakang (Madura), dan mica (BAli).

Lada termasuk tanaman herba tahunan yang tumbuh memanjat. Batangnya bulat, beruas, bercabang, dan berakar pelekat yang berwarna hijau. Daunnya tunggal berbentuk bulat telur dengan pangkal berbentuk jantung dan berujung runcing.

Bunga majemuknya berbentuk bulir dan menggantung. Buah buni berbentuk bulat. Buahnya berbentuk hijau saat muda dan berwarna merah saat tua. Lada yang ada di pasaran berupa lada hitam dan lada putih. Lada putih lebih bagus dari lada hitam karena merupakan hasil dari buah lada masak (warna kulit sudah merah) yang di proses, sedangkan lada hitam merupakan produk dari buah yang di petik hijau atau tidak matang serempak.


Manfaat Sayuran

1. Sakit perut

Untuk mengobati sakit perut, harus di lihat gejalanya. Sakit yang diikuti dengan bibir pucat dan muntah cair dapat di obati dengan 3-5g lada butiran di tumbuk menjadi bubuk, di tambahkan anggur (wine), lalu di sajikan. Untuk sakit perut yang di sertai rasa dingin di dalam perut dapat di obati dengan 10g lada putih butiran yang di tumbuk hingga halus, di tambahkan anggur, lalu di sajikan.
Lada hitam

2. Muntah setelah makan

Sebanayak 1g lada di masukan dalam air jahe hangat dan dapat langsung di minum

3. Sakit batu empedu

Lada secukupnya dan sodium sulfat butiran di tumbuk bersama sama hingga menjadi bubuk. Sebanayak 3g bubuk tersebut di masukan dalam air matang, lalu di minum setiap hari.

4. Komplikasi salah pencernaan dan diare pada anak kecil

Srbanayak 1g lada putih dan 9g bubuk glukosa di campur. Untuk anak kecil berusia di bawah 1 tahun di berikan sebanyak 0,3-0,5g, berusia 1-3 tahun di berikan sebanyak 0,5-1,5g, Dan anak usia lebih dari 3 tahun di berikan sebanyak 2g. Ramuan ini di berikan dengan cara terlebih dahulu di campur dengan air matang dan di berikan 3 kali sehari selama 1-3 hari.
Manfaat lada

5. Radang ginjal kronis

Siapkan 7 butir lada putih dan telur ayam. Pada telur ayam di buatkan lubang kecil untuk memasukan lada ke dalam telur. Selanjutnya telur di bungkus hingga di kukus hingga matang. Setelah itu, telur di kupas kulitnya dan di berikan pada penderita. Untuk orang dewasa, pengobatan di lakukan 2 kali sehari, sedangkan anak anak 1 kali sehari. Pengobatan ini di ulangi selama 10 hari berturut turut, lalu berhenti selama 3 hari. Setelah itu, pengobatan di lakukan kembali selama 10 hari, begitu seterusnya hingga 3 kali.

6. Keputihan, demam, dan wajah pucat

Sebanyak 7 butir lada dan 1 butir telur di siapkan untuk mengobati penyakit ini. Telur di buatkan lubang kecl untuk memasukan lada ke dalam nya. Selanjutnya telur di bungkus dan di kukus hingga matang. Untuk di sajikan kepada penderita, telur di kupas dan di makan setiap hari selama 5-7 hari.

7. Malaria di sertai demam

Sebanyak 20 butir lada di tumbuk kasar, lalu di kukus hingga matang. Setelah itu, kedalamnya di tambahkan anggur dan di sajikan kepada penderita.
Dua jenis lada hitam dan lada putih

8. Eksim pada kandung buah pelir (scrotum)

Sebanyak 5g lada di rendam pada anggur putih atau vodka selama seminggu. Setelah itu, lada di saring untuk di ambil cairan nya. Cairan tersebut di gosokan pada bagian yang sakit setiap hari sebanyak 2-3 kali sehari.

9. Penguat syaraf balita

Sebanyak 20 butir lada dan 1 siung bawang putih di tumbuk hingga halus, lau di tambahkan 1 sendok teh minyak makan. Ramuan tersebut di balurkan dan di pijatkan di antara jari kaki anak balita saat akan tidur dan setelah bangun pagi. Agar daya tahan tubuh anak menjadi kuat, perlakuan ini sangat baik di lakukan saat hari berangin atau banyak hujan.

1 komentar:

terimakasih banyak buat pengetahuannya, bermanfaat sekali..

http://landongobatherbal.com/