Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Selasa, 09 Desember 2014

Manfaat Salada Air Bagi Kesehatan

in manfaat sayuran

Tanaman Salada Air
Meskipun di kenal sebagai salada air, sebenarnya tanaman ini bukanlah tergolong dalam genus Latuca yang biasa di kenal. melainkan genus nasturtium. sosok tanaman salada air (Nasturtium officinale) tidak terlalu lactuce. Btang nya tumbuh menjalar. Daunnya agak bulat dengan diameter sekitar 1,5-3 cm. Bunganya kecil berwarna putih.

Selada air sangat mudah tumbuh dan sering di temukan tumbuh di aliran sungai kecil, kolam, rawa, atau bagian danau yang dangkal. Oleh karena itu, Tanaman ini sangat jarang di budidayakan secara khusus oleh petani. Biasanya selada air yang di jual masih di andalkan dari tanaman yang tumbuh liar di perairan sekitar rumah penduduk.

Panen selada aiar di lakukan dengan cara memotong bagian batangnya. Dari sisa batang yang di tinggalkan saat panen akan muncul tunas dan daun baru. Perbanyakan selada air di lakukan dengan memanfaatkan batangnya untuk di lakukan dengan stek batang, lalu di tanam di lokasi yang tergenang air.

Manfaat Salada Air


1. Tuberculosis

Sebanyak 250 g salada air dan tulang babi yang di tambahkan garam secukupnya untuk rasa di buat menjadi sup. Sup tersebut di berikan kepada penderita 2-3 kali sehari.

2. Rasa panas di paru paru dan sering batuk

Sebanyak 60 g salada air dan gula secukupnya di rebus hingga matang. Setelah itu, air rebusan tersebut dapat di sajikan kepada penderita.
Manfaat Salada Air

3. Iritasi kulit

Sejumlah salada air di rebus hingga matang, lalu air rebusannya di minum beberapa kali sehari.

4. Sering kencing dan sakit saat kencing.

Sebanyak 250 g salada air di rebus dalam air. Selanjutnya kedalam rebusan tersebut di tambahkan hancuran gula merah. Air rebusan kini siap di minum.

5. Khasiat lain

Selain khasiat khasiat yang telah di sebutkan di atas, selada air di percaya mendinginkan dan menenangkan.


PERHATIAN


Orang yang mengalami kedinginan dan lemas harus berhati hati dalam mengonsumsi selada air.