Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Selasa, 09 Desember 2014

Manfaat salada untuk kesehatan

in manfaat sayuran

Manfaat daun salada
Salada (Lactuca sativa) memiliki penampilan yang menarik. Daunnya yang keriting berwarna hijau segar atau merah. Tak heran bila banyak orang menggunakan nya sebagai hiasan masakan segar lebih menarik. Selain tiu, salada juga enak di makan sebagai lalap mentah.

Salada cocok di tanam di dataran tinggi. Jenis salada yang dapat di tanam di dataran rendah terbatas karena cenderung lebih cepat berbunga dan berbiji. Padahal bagian salada yang bisa di konsumsi adalah daun nya. Meski demikian, untuk engobatan bukan hanya daunnya saja yang berkhasiat, tetapi juga bijinya. Panen salada di lakukan dengan cara memotong bagian tanaman yang ada di bagian permukaan tanah. Selain itu, salada juga dapat di panen dengan cara semua bagian tanaman termasuk akarnya di cabut.

Manfaat Sayuran Salada


1. Demam, sakit kepala, dan rasa pahit di mulut

Sebanyak 500 g daun salada, 100 g susu kedelai (bean curd), 4 biji buah zaitun cina yang sudah di asinkan, dan 6 g jahe segar di panaskan dalam air. Setelah itu, ramuan tersebut dapat di makan oleh penderita saat masih panas. Agar berkeringat, sebaiknya penderita di beri air rebusannya.

2. Infeksi paru paru

Asinan dau selada yang telah berumur lama di buat jus. Jus tersebut di habiskan oleh penderita hanya dalam sekali minum.

3. Rasa mual di lambung (perut)

Manfaat jus salada
Biji selada di giling hingga menjadi bubuk. Selanjutnya bubuk tersebut di masukan ke dalam anggur encer tau jus jahe. Ramuan berupa minuman tersebut di berikan kepada penderita setiapkali merasa mual.

4. Muntaber

Sebanyak beberapa lembar aun salada di hancurkan hingga lembut. Selain itu, secara terpisah di siapkan 2 siung bawang putih yang sudah di hancurkan. Kemudian kedua bahan tersebut di campur hingga menjadi pasta. Setelah itu, pasta ini di panaskan dan di bubuhkan di bagian pusar penderita dan di tutup dengan kain kasa.

5. Radang kulit (dermatitis)

Daun selada secukupnya di rebus. Pengobatan radang kulit ini dengan menggunakan air rebusannya. Caranya ialah Bagian yang sakit di cuci dengan air rebusan daun salada.

6. Wasir

Daun selada secukupnya di rebus hingga air nya berkurang. Selanjutnya daun salada di bubuhkan ke bagian yang sakit. Selain cara tersebut, ada cara lain untuk mengobati wasir, yaitu penderita di jongkokan di atas air panas yang beruap bekas merebus salada.

7. Rasa panas dan kering di sertai dahak

Beberapa lembar daun salada dan beras secukupnya di rebus hingga mendidih, lalu di sajikan kepada penderita.