Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Minggu, 07 Desember 2014

Manfaat sayuran lokio bagi kesehatan

in manfaat sayuran

Manfaat sayuran lokio
Lokio (Allium chinense) lebih banyak di sukai sebagai bahan sayuran oleh msyarakat keturunan China. Sekarang ini sudah banyak lokio di jual di pasar.

Lokio merupakan tanaman semusim kerabat bawang bawangan. tidak heran bila zat yang di kandungnya tidak berbeda jauh dengan jenis bawang lain nya. sosok lokio pun mirip bawang merah walaupun ukuran nya lebih kecil. daun nya berwarna hijau tua segar. Biasanya sebanyak 2-5 daun tumbuh dari setiap umbi yang berwarna putih bersih.

Yang di gunakan sebagai sayur dari tanaman ini biasanya adalah umbiya. Namun demikian, daun nya enak untuk di jadikan lalap atau di sayur tumis. Biasanya, lokio di jual dalam bentuk ikatan kecil daun dan umbi yang telah di bersihkan.

Manfaat sayuran lokio


1. Jantung koroner, kejang jantung (angina pectoris)

Sebanyak 15g umbi lokio, 20g buah trichosantes (dapat di beli di toko obat Cina) 15 ml anggur putih, dan 200 ml air di rebus hingga airnya tersisa 100 ml. Air rebusan ini di minum sedikit demi sedikit beberapa kali sehari.

2. Saraf perut

Lokio yang sudah di kupas di potong potong dan di buat jus sebanyak satu cangkir kecil. Jus inilah yang di minum oleh penderita.

3. Dingin, diare, serta kotoran berbusa dan penuh gelembung

Biasanya gejala ini terjadi pada anak kecil. Untuk mengobatinya dapat menggunakan air dari rebusan daun lokio. Ramuan ini di buat dari 15g serabut lokio yang di tambahkan air dan di rebus hingga airnya tersisa satu mangkuk. Air rebusan ini di bagi menjadi tiga bagian dan di berikan tiga kali sehari.

4. Sinusitis

Sebanyak 15 siung lokio yang sudah di kupas, 10g bunga pepaya, dan 100g hidung babi di rebus bersama sama hingga matang. Setelah itu, lokio dapat di makan oleh pendrita.

5. Radang tenggorokan (bronchitis)

Umbi lokio secukupnya di kupas dan di buat jus. Jus dapat di tambahkan gula dan air secukupnya. Sebanyak 3g jus di minum tiga kali sehari.
Manfaat daun lokio

6. Cacing gelang (billary ascariasis)

Bunga lokio di buat acar dengan di rendam dalam cuka selama beberapa hari. Setelah itu, lokionya di kunyah atau air cuka nya di minum oleh penderita tiga kali sehari.

7. Radang perut dan muntah (gastroenteritis)

Sebanayak 50 g lokio dan 150 ml air  di rebus hingga airnya tersisa 100 ml. Air rebusan inilah yang di berikan kepada penderita saat masih hangat.

8. Cacar

Daun lokio di rendam dalam alkohol atau anggur dan di gosokan atau di tempelkan ke bagian yang sakit.

9. Kudis, gatal gatal

Daun lokio di hancurkan hingga menjadi jus dan di bubuhkan ke bagian yang gatal.