Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Minggu, 07 Desember 2014

Manfaat mentimun bagi kesehatan

in manfaat sayuran

Manfaat mentimun
Tnaman mentimun (cucumis sativus) mudah tumbuh dan tidak sulit di rawat. Tidak heran bila mentimun banyak di tanam di pagar rumah atau merambatkannya di tanaman lain. Sayur yang sering di manfaatkan sebgai lalap mentah atau acar ini banayak penggemarnya sehingga memiliki nilai komersial yang cukup lumayan. Buah mentimun mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol.

Kerabat cucurbitaceae ini memiliki nama daerah antara lain timon (Aceh), cimen, cimun, ansimun, ancimun (Batak), hantimun (Lampung), bonteng, katimun, timun (Sunda), katimun, timun (jawa), temon (madura), katimun (Bali), bayo (Makasar), kakarop, insus, ampeyek, kansinam (Irian), kadingir, kariri (Sumba).

Mentimun merupakan tanaman herba setahun yang batangnya tumbuh merambat, berbulu halus, dan berwarna hijau. Daunnya berwarna hijau bertekstur kasar. Bunganya merupakan bunga tunggal yang berbentuk lonceng dengan warna kuning. Seacara umum buahnya bulat memanjang. Namun, mentimun lokal berbentuk agak bulat dan berwarna hijau pucat atau kuning setelah tua, sedangkan mentimun jepang berbentuk memanjang lebih ramping dan berwarna hijau gelap.

Manfaat mentimun


1. Disentri

Mentimun secukupnya di potong potong dan di rendam dalam madu, kemudian di sajikan beberapa kali kepada penderita.
Manfaat jus mentimun

2. Tekanan darah tinggi


Sebanyak 150 g mentimun di rebus. Air rebusan di minum teratur setiap hari.

3. Diare pada anak kecil

Daun mentimun secukupnya di cuci bersih dan di buat jus. Kedalam jus tersebut di tambahkan air panas dan di beri sedikit gula pasir, lalu di sajikan kepada penderita.

4. Radang kulit bernanah (impetigo)

Mentimun secukupnya di panggang di atas api kecil hingga kering, kemudian di tambahkan tawas secukupnya dan di hancurkan. Hancuran mentimun ini di taburkan pada luka.

PERHATIAN


Penderita dingin perut sebaiknya menghindari memakan mentimun