Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Rabu, 03 Desember 2014

9 Manfaat Jamur Kuping Dan Khasiatnya

in Herbal , Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Jamur Kuping
Jamur kuping (Auricularia  sp.) bisa di tambahkan ke dalam mie baso, bakmi, tekwan, dan sayur kimlo untuk mempersedap masakan tersebut. Sebutan jamur kupung sudah umum di gunakan di masyarakat jawa, sedang kan di jawa barat umumnya menyebutnya sebagai supa lember. Di namai jamur kuping karena bentuk nya seperti daun telinga.

Jamur kuping tumbuh menempel pada pokok kayu basah dan lembab di hutan atau di kebun. Jamur ini merupakan spesies jamur yang bertumbuh buah paling besar di antara kerabat Auricularia. Warnanya hitam atau ke unguan. Tudung jamur kuping basah yang masih segar membentuk tubuh tipis seperti agar agar yang bila di keringkan menyusut dan mengeriput. Bila akan di sayur, biasanya jamur kuping kering di masukan ke dalam air panas sehingga mekar seperti sedia kala.

Manfaat Dari Jamur Kuping


1. Diare Akibat Lemahnya Limpa


Sebanyak 10 jamur kuping dan 30g gula di rebus dengan air bersih, kemudian di berikan kepada penderita.

2. Berak Darah. Wasir. Pendarahan Pada Uterus


Sebanyak 15g jamur kuping yang di tambahkan gula secukupnya di derubus dalam air. Hasil rebusan dapat langsung di minum. Pengobatan ini di ulangi selama beberapa hari.

3. Disentri dan Sakit Perut


Sebanyak 15g jamur kuping dan 30g gula merah di rebus, lalu di sajikan kepada penderita. Perlakuan ini di ulangi selama beberapa hari.

4. Keluarnya Dinding Liang Dubur


Sebanyak 15g jamur kuping dan 30g bunga lily di rebus dalam air. Ke dalam nya di tambahkan gula merah. Setelah matang, ramuan ini dapat di sajikan.
Manfaat dan  Khasiat Jamur Kuping

5.Luka Yang Lama Sembuh Pada Orang Tua


Jamur kuping secukup nya di bakar hingga menjadi arang, kemudian di tumbuk halus. Bubuk jamur kuping dan gula pasir (2:1) di campur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Pasta ini di bubuhkan pada luka dan di tutup dengan perban. Perban yang di gunakan harus di ganti setiap hari bersamaan dengan penggantian pasta.

6. Lemas Setelah Melahirkan. Kram. Dan Kaku


Sebanyak 30g jamur kuping di rendam dalam larutan cuka selama 2 jam. jamur kuping ini di bagi menjadi dua bagian dan di kunyah perlahan. Cara lain ialah membuat ramuan 15g jamur kuping, 15g gula merah, dan 30 ml madu. Semua bahan tersebut di campur dan di kukus hingga matang, kemudian di bagi menjadi tiga bagian dan di sajikan untuk satu hari.


Jamur kuping secukupnya di bakar hingga menjadi arang, kemudian di tumbuk hingga menjadi bubuk. Ke dalam 3g bubuk tersebut di tambahkan air matang dan di minum tiga kali sehari.

8. Terlambat Menstruasi (amenorrhoea)


Sebanyak 30g jamur kuping dan 30g batang kayu secang (caesalpinia sappan  L.) di rebus dalam air. Kedalam rebusan tersebut di tambahkan sedikit anggur dan siap di minum.

9. Pendarahan Utarine (metrorrhagia)


Sebanyak 30g jamur kuping diaduk hingga berbau harum, kemudian di tambahkan air dan di rebus hingga matang. Setelah itu, ke dalam nya di tambahkan gula merah dan siap di minum.

1 komentar:

Manfaat Tersembunyi jamur kuping Yang Belum Di Ketahui
Agen Sbobet