Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Rabu, 03 Desember 2014

10 Manfaat jahe terbaru versi 2015

in Herbal , Kesehatan
 
Kandungan Yang Tersimpan Dalam Jahe
Jahe (zingiber officinale rosc.) selain sebagai bumbu masakan atau minuman, juga dapat di gunakan sebagai obat. Sebagai obat, yang di gunakan dari tanaman jahe ini adalah umbi nya. Jahe berbau aromatic dngan rasa pedas menyegarkan. Selain itu, rimapang jahe mengandung flavoida, polifenol, dan minyak asiri.

Nama daerah tanaman ini sangat beragam, di antara nya ialah halia (Aceh), bahing (Batak karo), sipadeh atau sipodeh (sumatera barat), jahi (Lampung), jae (Jawa), jahe (Sunda), jhai (Madura), sipados (Kutai), pase (Bugis), dan siwe (ambon).

Jahe termasuk tanaman herba tegak dan dapat berumur tahunan. Tinggi tanaman dewasa dapat mencapai 1 m. Tanaman ini berbatang semu yang tersusun dari helaian daun. Bentuk daun nya pipih memanjang berbentuk lsngding membulat dengan ujung lancip. Jahe tumbuh baik di tanah yang sedikit lembap, tetapi cukup mendapat sinar matahari. Perbanyakan tanaman dapat di lakukan dengan rimpang nya atau memisahkan sebagian anakan dari rumpun nya.

Manfaat Jahe


1. Batuk Berdahak Biasa



Ramuan di buat dari 10g jahe segar, 6 batang daun bawang, daun lobak cina secukup nya. Lobak di bersihkan, lalu di rebus. Setelah itu, jahe dan bawang di tambahkan ke rebusan lobak dan di rebus hingga air nya tersisa satu mangkok. Air rebusan dari bahan tersebut di minum sekaligus. Pengobatan juga dapat di lakukan dengan menyiapkan dengan rebusan jahe. Selagi hangat, jahe di usapkan ke bagian punggung penderita.

2. Batuk Berdahak Kental

Jahe secukup nya di buat menjadi jus dan di ambil sebanyak satu cangkir. Tambahkan 30ml madu ke dalam nya,lalu aduk merata. Jus jahe siap di mium. Cara lain ialah dengan menyiapkan 10g jahe kering, 30g ketumbar, dan 3g buah aprikot. Bahan bahan tersebut di rebus dalam air dan siap di minum.

3.Sakit Perut

Sakit perut ini terdiri dari beberapa gejala. Pengobatan nya berbeda untuk setiap gejala sakit perut tersebut. Untuk itu, perlu di perhatikan gejala gejala yang menyertainya. Sakit perut yang di sertai mundah muntah dan diare dapat di obati dengan ramuan 30g jahe segar dan 120g bawang putih yang di cuci bersih. Jahe dan bawang lalu di buat jus untuk di minum. Sakit perut yang di sertai rasa dingin di perut, bibir pucat, dan muntah dapat di obati dengan 6g jahe segar dan 10g merica hitam. Bahan bahan ini di tumbuk dan di bagi menjadi dua bagian untuk dua kali penggunaan. Bila akan di gunakan, bubuk di campurkan dengan air hangat.

Sakit perut yang di sertai dengan rasa dingin di perut, ludah terasa asam, dan muntah muntah dapat di obati dengan 50g jahe segar dan 15g potongan tulang cumi cumi. Bahan tersebut di rebus dengan 200ml air. Air rebusan di bagi menjadi dua bagian dan di minum dua kali sehari.

Sakit perut bagian bawah atau akibat menstruasi dapat di obati dengan 15g jahe segar, 2 butir telur bebek, dan 1/2 cangkir anggur. Bahan bahan tersebut di rebus sambil di tambahkan sedikit gula. Setelah itu ramuan ini dapat di sajikan kepada penderita.

4. Cacing Gelang Yang Menyebabkan Usus Kaku Atau Tegang

Sebanyak 60g jahe segar di bersihkan dan di buat menjadi jus. Ke dalam jus tersebut di tambahkan 60 ml madu, lalu di bagi menjadi tiga bagian. Jus ini di sajikan tiga kali sehari. Untuk anak kecil, jumalah yang di berikan harus di kurangi.
Manfaat Jus Jahe

5. Migren

Sebanayak 6g kulit jahe, 6 butir bawang, dan 1/2 cangkir beras yang telah di gunakan untuk membuat anggur beras di limatkan ber sama sama, lalu di bungkus. Lumatan bahan tersebut di panaskan dan di tempelkan ke bagian dahi dua kali sehari.

6. Kapalan Atau Mengelupas Kulit Tanagan

Sebanyak 30g jahe segar di iris tipis tpis dan di rendam dalam 75ml anggur selama 24 jam. Untuk pengobatan, jahe tersebut di usapkan ke tangan dua kali sehari.

7. Kebotakan

Sepotong jahe di rebus hingga matang, lalu diiris iris selagi masih hangat. Irisan jahe ini di tempelkan ke bagian kepala yang botak.

8. Belang Belang Merah Atau Putih Pada Kulit

Potongan Jahe di buat menjadi jus lalu di bubuhkan ke bagian yang sakit.

9. Luka Jatuh

Jahe secukupnya di potong potong dan di buat jus, lalu di tambahkan sedikit anggur. jus jahe di bubuhkan ke bagian yang luka.

10. Penambah Nafsu Makan

Sebanyak 1/2 rimpang jahe, 1/4 genggqm bunga pepaya, 1/4 genggam daun sambiloto, 3/4 rimpang jari lempuyang, 3 buah kapulaga, 3 batang cabai jawa, 1 jari akar kelengkeng, dan 3 jari gula aren di tumbuk hingga halus. Setelah itu, Bahan bahan di rebus dengan 4 gelas air bersih hingga hanya tersisa 3/4 bagian. Sesudah dinngin, rebusan tersebut di saring. Hasil saringannya di minum 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas sekali minum.