Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Sabtu, 06 Desember 2014

Manfaat lengkuas bisa menyembuhkan berbagai penyakit

in Rempah rempah

Lengkua merah
Masyarakat juga mengenal lengkuas (Alpinia galanga (L) sw,)  dengan sebutan laos. Orang aceh menyebutnya lengkueueh. Orang padang menyebutnya lengkueh. Orang batak menyebutnya halawas. Orang gayo menyebutnya lengkues. Orang jawa menyebutnya laos. Orang sunda menyebutnya laja. Orang bugis menyebutnya aliku dan orang banjar menyebeutnya langkuas.

Rimpang lengkuas memili kandungan kimia minyak asiri berwarna kuning ke hijuan yang terdiri dari d-alfa-pinen, cineol, kamfer, methyl cinamate, eugenol ( yang menghasilkan rasa pedas), dan galangin. Juga mengandung resin, caempferid, dioksiflavanol, hydrates hexahydrocadalene, galangol, sesquiterpane, camphor, cadinine dan kristal kuning.

Tumbuhan lengkuas memeiliki batang semu yang terdiri dari helaian daun dengan tinggi berkisar 1,5-2,5m. Daun berbentuk bulat panjang yang ujungnya meruncing. Permukaan daun berwarna hijau mengilap dengan punggung daun berwarna pucat. Terlihat garis putih agak keras pada tepi daun. Bunga lengkuas berwarna putih kehijauan, lembaran lidah bunga berwarna putih dengan garis merah dan ujung bercupig dua. tanaman ini memiliki buah berwarna merah tua sebesar buah cherry dengan bentuk bulat telur. Di daerah jawa terdapat dua jenis rimpang lenguas. Rimpang berwarna merah dan rimpang berwarna putih. Rimpang yang berwarna merah memiliki serat yang lebih kasar.

Manfaat dan khasiat lengkuas


1. pelancar kemih, penguat batu empedu, dan obat gosok

Iris iris rimpang lengkuas lalu rendam dalam alkohol, irisan lengkuas tersebut di gosokan pada bagian perut.

2. Penyakit kulit (kudis, kurap, panu, korang, dan borok)

Haluskan 1 rimpang lengkuas di tambah 4 siung bawang putih hingga menjadi seperti bubur. Bersihkan kulit yang sakit lalu balurkan ramuan ini. Untuk penyakit kurap yang menahun, tambahkan sedikit cuka pada ramuan tersebut. Untuk penyakit panu, cacah rimpang lengkuas yang masih segar hingga keluar seratnya, tambahkan sedikit cuka lalu gosokan pada panu.

3. Reumatik

Rebus rimpang lengkuas dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan lengkuas yang masih hangat untuk mandi.
Lengkuas putih

4. Tetes telinga

Rimpang lengkuas yang masih muda di cuci bersih lalu di haluskan, peras dan ambil airnya. Air perasan lengkuas ini di teteskan pada telinga yang sakit.

5. Kolera

Cuci dan kupas lengkuas merah seukuran 1 jari. Parut lalu tambahkan air 1 gelas. MInum 2 kali sehari setelah di peras dan di saring.

6. Khasiat lain

Penggunaan serai sebagai bumbu pada masakan di percaya dapat memperbaiki pencernaan, menguatkan lambung dan isi perut, mengeluarkan lendir di saluran pencernaan, menambah nafsu makan, menyembuhkan sakit kepala dan nyeri dada.