Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Jumat, 05 Desember 2014

Manfaat Kol bagi Kesehatan

in Herbal , Kesehatan
Manfaat tanaman kol
 Di indonesia kol (Brassica oleraceae) juga populer dengan nama kubis. Biasanya kol di manfaatkan untuk lalap mentah, syur tumis, atau sebagai campuran masakan lain nya. Rasanya enak, segar, renyah, dan agak manis.

Penampilan yang khas nampak dari daunnya yang putih bergerombol dan berlapis lapis membentuk krop. krop ini makin lama makin besar akibat dari daunnya yang masih muda terbntuk di bagian dalamnya. Akar nya yang berupa akar serabut sangat rendah dan menyebar. Tanaman ini tumbuh baik di daerah dataran tinggi hingga sedang. Untuk memperbanyaknya dapat di lakukan dengan biji ataupun setek.

Kol memiliki serat kasar yang baik untuk pencernaan serta untuk pencegahan kanker lambung dan kanker usus. Bahan bermanfaat lain yang di kandungnya adalah vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, kalium, klor, yodium, fosfor, sodium, dan sulfur, dan kembung perut. Daun bagian luar yang lebih kehijauan mengandung kalsium 40% lebih banyak daripada daun di sebelah dalam yang berwarna putih saja.

Meskipun bermanfaat banyak, mengkonsumsi kol dalam jumlah berlebihan dapat berbahaya bagi penderita maag, gastritis, dan kembung perut. Kol yang di masak akan mengurangi resiko bahaya tersebut di bandingkan kol yang di lalap.

Manfaat Tanaman kol



1. Luka usus dua belas jari

Manfaat tumis kol
Sebanyak 250g daun kol di rebus setengah matang. setelah itu, kol tersebut di angkat dari air. Kedalam air rebusn kol di tambahkan jeruk yang sebelumnya telah di rendam dalam garam (lebih lama di rendam lebih baik) dan sedikit madu. Selanjutnya kol yang sudah di angkat tadi di masukan kembali ke dalam panci dan didihkan sampai masak. Untuk pengobatan ini, kol tersebut di makan beberapa kali sehari sampai sekitar 12-20 hari. setiap kali akan mengonsumsinya, jumlahnya hanya sedikit.

2. Sendi kaku dan tidak dapat di luruskan

Sebanyak 500g kol dan cakar ayam di buat sup, kedalamnya di tambahkan sedikit garam dan minyak. makanlah kol dan supnya.

3. Insomnia

insomnia merupakan kelainan yang menyebabkan penderita sering tidur gelisah dengan mimpi mimpinya yang tidak jelas. Untuk mengatasinya, dapat di buat kan ramuan 500g kol. 10g umbi bakung (bulbus lilii  L.) 10g biji teratai, dan kurma merah cina di rebus terlebih dahulu, lalu kedalam nya di masukkan kol sambil tetap di masak. Untuk menyedapkan rasa, kedalam nya di tambahkan sedikit minyak wijen dan garam. Dengan jumlah sedikit, kol tersebut di makan beberapa kali dalam seminggu.

4. Kaki kram
Manfaat sup kol

Orang yang sering menderita kaki kram sebaiknya mengonsumsi kol sebagai sayur utama setiap hari selama 2 minggu. Selama perlakuan tersebut, efek atau perubahan pada penderita perlu di perhatikan.

5. Antikanker

Sebagai obat antikanker, sebaiknya di biasakan untuk mengonsimsi kol dalam menu sehari hari. Zat yang di kandung dalam kol ini sangat baik untuk menangkal serangan kanker.