Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Jumat, 05 Desember 2014

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Kencur

in Herbal , Kesehatan
Tanaman Kencur
Tanaman kencur (kaempferia galanga  L.) merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup terkenal. Orang aceh menyebut nya ceuko atau tekur. Orang batak menyebutnya kaciwer. Orang sunda menyebutnya cikur. Orang kalimantan menyebutnya sikor. Orang bali menyebutnya cekuh dan orang makasar menybutnya cakuru. Rimpang kencur mengandung minyak asiri yang terdiri dari methyl-p-cumaric acid, borneol, camphene, pentadecane, cinnamicacid ethyl ester dan cinnamic aldehyde. Juga mengandung mineral, flavonoid, alkolid, pasti dan gum.

Tumbuhan kencur berupa terna berbatang semua yang tumbuh merumpun. Daun kencur berbentuk bulat melebar dengan ujung yang mengecil. Daun nya tumbuh agak merapat pada permukaan tanah dalam jumlah banyak, berwarna hijau segar dan memiliki tekstur agak tebal. Tangkai daun sangat pendek berwarna keputihan. Memiliki bunga yang mungil berwarna ungu keputihan dan beraroma harum. Bunga muncul di sela daun namun mudah gugur. Rimpang kencur yang berwarna cokelat tua mengilap tumbuh menjajar dan bergerombol. Jika di belah akan terlihat daging rimpang berwarna putih. Aroma rimpang kencur yang khas terasa lembut jika di bandingkan dengan tanaman kerabat zingiberaceae lain nya.

Manfaat Tanaman Kencur


1. Batuk

Bersihkan rimpang kencur yang masih segar seukuran 1,5 jari. Setelah bersih, Parut dan peras airnya. Berikan air perasan ini dengan sedikit madu pada anak anda sebanyak satu sendok teh setiap hari hingga sembuh.

2. Muntah muntah

Kunyah kunyah rimpang kencur yang sudah di bersihkan seukuran 1,5 jari dengan sedikit garam. Setelah halus,telan dan minum air hangat. Berikan 2 kali dalam sehari sampai sembuh.

3. Keracunan jamur

Haluskan rimpang kencur seukuran 1 jari di tambah /3 genggam daun sambiloto dan 1/4 genggam daun jintan lalu tambahkan air masak sebanyak 3/4 gelas. Setelah di peras dan di saring berikan pada penderita yang sudah muntah muntah sekali dalam sehari.
Khasiat kencur

4. Keracunan tempe bongkrek

Cuci ramuan yang terdiri dari rimpang kencur seukuran 1/2 jari yang telah di potong potong, 1/3 genggam daun kumis kucing, 1/4 genggam daun sambiloto, 1/4 genggam daun belimbing wuluh, dan gula aren seukuran 2 jari. Rebus dengan 2 air gelas, biarkan mendidih hingga air tersisa 1/4nya. Dinginkan dan saring. Berikan 1 sampai 2 gelas sehari sebanyak 3/4 gelas sampai sembuh.

5. Tetanus

Cuci ramuan yang terdiri dari rimpang kencur seukuran 3 jari yang telah di potong potong, 18 lembar daun ngokilo dan setengah genggam daun jinten lalu di rebus dengan 3 gelas air. Tambahkan gula aren seukuran 3 jari masak hingga air rebusan tersisa 3/4 dari ukuran semula. Setelah di dinginkan dan di saring minumlah 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

6. Khasiat lain

Beras kencur yang telah di buat menjadi jamu di percaya menambah daya tahan tubuh, menghilangkan masuk angin dan mengatasi ke lelahan.