Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Kamis, 04 Desember 2014

9 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Kulit Dan Rambut

in Herbal , Kesehatan

Manfaat kemiri
Kemiri (Aleuritus molucana willd.) merupakan tanaman resmi bagian hawaii. Orang padang menyebutnya buah kareh. Orang dayak menyebutnya keminting. Sedangkan orang sunda menyebutnya muncang. Batang kemiri mengandung selulosa, lignin, pentosan dan abu. Pegangan atau kulit batang mengandung tanin. Biji kemiri dalam ke adaan mentah mengandung asam hidrosianik yang beracun, oleh karena itu penggunaan biji kemiri harus di sangrai dahulu sampai hangat. Minyak kemiri mengandung asam emak jenuh yang terdiri dari asam palmitat dan asam stearat. Juga asam lemak tak jenuh yang terdiri dari asam oleat, asam linolenat dan asam arachidat.

Pohon kemiri mempunyai tajuk yang cukup rimbun dan melebar ke samping, batang pohon beralur sedikit dan dangkal berwrna abu abu agak mengilap dengan tinggi mencapai 9-14 m. Kayu teras nya berwarna putih ke kuning kuningan bertekstur agak kasar. Daun kemiri dari pohon yang sudah tua berbentuk bulat telur hingga bulat lanset, pangkalnya bertulang daun menjari dengan bintik transparan yang tidak sama. Warna daun hijau tua mengilap dengan pucuk daun agak keputihan. Permukaanya memiliki bulu putih, pada daun muda bulunya lebih lebat. Daun pada tanaman muda berukuran lebih besar dengan bentuk bulat cordate bermahkota tiga berwarna hijau cerah. Pohon kemiri berbunga sepanjang tahun. Bunga kemiri berbentuk malai warna putih dan tumbuh di ujung cabang. Kemiri memiliki bentuk lebih bulat hingga bulat telur dan agak gepeng. Kulit buah sangat keras menyerupai tempurung berwana hijau, namun setelah masak akan berwarna coklat tua atau kehitaman. Di dalam nya terdapat biji kemiri yang berbentuk bulat atau limas juga agak gepeng dimana salah satu ujung nya meruncing.

Manfaat Biji Kemiri


1. Sembelit (susah buang air besar)


Siapkan bahan bahan yang terdiri dari 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5g pula sari, 10g kayu manis, 30g daun urang aring, 1/2 sendok teh garam 1/2 sendok teh adas, Haluskan semua bahan lalu rebus dengan air sebanyak 800cc, biarkan mendidih hingga tinggal setengah nya (400cc). Saring lalu di minum sebanyak 200cc, lakukan 2 kali sehari.
Manfaat daun kemiri

2. Reumatik

Daun kemiri di panaskn dengan cara di setrika kemudian tempelkan di tempat yang sakit.

3. Buang air besar berdarah

Cuci bersih 20g kulit batang kemiri lalu rebus dengn 400cc air. Biarkan mendidih hingga tersisa 200cc saja. Saring dan minum selagi hangat.

4. Disentri

Rebus 10g kulit batang kemiri dengan air sebanyak 400cc. Biarkan mendidih hingga air tersisa setengah nya (200 cc). Saring dan minum selagi hangat.

5. Diare

Haluskan 200g kulit batang kemiri segar dengan cara di tumbuk lalu rebus dalam air sebannyak 600cc. Biarkan mendidih hingga air tersisa 300cc. Saring lalu di minum sebanyak 150 cc 2 kali sehari.

6. Sakit gigi

Ambil daun kemiri lalu panaskan di atas api/kompor dan tempel pada pelipis. Atau mbil beberapa tetes getah kemiri lalu di oleskan pada bagian gigi yang sakit 3 kali sehari.

7.Sariawan

Ambil geth dari kulit batang kemiri tambahkan santan kelapa secukup nya lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.
Manfaat biji kemiri

8. Menyuburkan dan mencegah rambut rontok

Siapkan bahan bahan yang terdiri dari 10gr kemiri, 6 lembar daun mangkokan, 2 lembar daun pandan wangi, 6 lembar daun urang aring, 500cc minyak kelapa 50 cc minyak wijen, 2 kuntum bunga mawar dan 14 kuntum bunga melati. Rebus dalam 2000cc air hingga tersisa 1000cc saja. Saring lalu oleskan pada kulit kepala sembari di pijat 2 kali sehari. Cara lain dengan menggosokan minyak kemiri pada kulit kepala 2-3 kali seminggu.

9.Khasiat lain

Sakit gigi, demam, isul, bengkak sendi dapat di sembuhkan dengancara menggerus daging biji kemiri sampai halus lalu di goreng. Campur dengan bawang putih yang telah di tumbuk dan di tempelkan ke bagian tubuh yang sakit.  Minyak kemiri yang di peroleh dari daging biji kemiri yang di peras di percaya dapat menghilangkan pegal, merawat kulit bayi dan mengusir ketombe.