Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Kamis, 04 Desember 2014

Khasiat dan Manfaat Tanaman Katuk

in Herbal , Kesehatan
Manfaat tanaman katuk

Katuk (sauropus androginus  (L)  Merr) memiliki nama daerah beragam, antara lain mamata, mata mata, cekop manis, simani (Sumatera), katu, babing, katukan (Jawa), dan karekur (Madura). Jenis sayur ini enak bila di tumis atau di sayur bening. Daun dan akarnya mengandung saponin, falvonoida, dan tanin yang baik untuk kesehatan.
Tanaman ini merupakan sejenis tanaman perdu yang tumbuh menahun. Sosok nya ramping sehingga sering di tanam sebagai tanaman pagar. tingginya sekitar 1-2m dengan batang tumbuh tegak, berkayu, dan bercabang jarang. Batangnya berwarna hijau saat masih muda dan menjadi kelabu keputihan saat sudah tua.

Daun katuk merupakan daun majemuk genap.  Bunganya berbentuk unik dengan kelopak yang keras berwarna putih semu kemerahan. Buahnya berbentuk bulat, berukan kecil kecil seperti kancing, dan berwarna putih.

Katuk banyak tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.200m dpl dan menyukai tempat terbuka  atau sedikit terlindung. Penanaman nya dapat di lakukan di ladang atau di pekarangan sebagai pagar hidup pada tanah yang berstruktur ringan. Bila produksi daun nya tinggal sedikit, tanaman katuk dapat di remajakan dengan cara memangkas batang utama nya. Jika ingin di perbanyak, lalukan dengan setek batang yang belum terlalu tua.

Manfaat Tanaman Katuk

1.Pelancar ASI

 Katuk dapat memperlancar ASI bagi ibu ibu yang baru melahirkan dan dapat membersihkan darah kotor. Untuk keperluan ini, daun katuk dapat di olah menjadi sayur atau di konsumsi segar sebagai lalap. Sebaiknya sayur ini di makan secara teratur.

2. Bisul atau borok

Daun katuk di tumbuk dan di tempelkan ke bagian yang sakit

3. Penyakit frambusia dan susah kencing

Daun katuk secukupnya di rebus dalam air hingga mendidih. Air rebusan nya di minum secara teratur.