Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Kamis, 04 Desember 2014

9 Manfaat Tanaman Kangkung

in Herbal , Kesehatan
Manfaat tanaman kangkung
Kangkung (ipomea aquatica) merupakan sayuran daun yang ternyata memiliki kandungan zat besi yang lumayan tinggi. Selain itu, kangkung mengandung mineral, setosteral, dan glikosida. Sayuran ini pun bersifat menenangkan dan menimbulkan rasa kantuk sehingga sangat baik bila dimakan oleh orang yang sakit atau bekerja keras agar tidur nya enak.

Sebutab tanaman ini di berbagai daerah sangat beragam, di antaranya kalayu, kankueng lalidik, rumpun (Sumatra), kangkung, kangkong (Jawa), pangpung, lara, nggongodano, angodono (Nusa tenggara), kangko, kanto, tatanggo, tanggo, naniri, lare (Sulawesi), utangko, beehob, takako, dan kangko (Maluku).

Berdasarkan tempat tumbunya, kangkung di bedakan dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kangkung air sering di jumpai di tempat –tempat yang basah, berair, atau berlumpur sedangkan kangkung darat dijumpai di ladang. Daun kangkung darat berwarna hijau pucat keputihan dengan bunga berwarna putih, sedangkan kangkung air berwarna hijau tua segar dengan berwarna ungun. Tangkai daun kangkung lebih panjang dan lebih lebar dari tangkai daun kankung darat .Perbanyakan kangkung air biasanya dari setek batang yang agak tua, sedangkan kangkung darat biasanya dari biji.

Batang kangkung berbentuk bulat dan berongga. Daun nya berupa daun tunggal dengan tangkai yang panjang yang tumbuh berseling. Bentuk daun nya segitiga memanjang, pipih, dan agak lemas. Karangan bunga yang keluar dari ketiak daun berbentuk seperti corong. Buah nya berbentuk kotak atau agak bulat dengan 2-4 biji.

Manfaat Pengobatan Kangkung



1.Gatal eksim


Kangkug segar di rebus dengan air hingga mendidih sekitar 5 menit. Setelah itu, Kangkung di biarkan mengendap sebentar.Air rebusan yang masih hangat kulit terkena eksim. Pengobatan sehari sekali.

2.Kapalan (penebalan kulit)


Ketah kangkung di oleskan berulang ulang ke bagian tubuh yang ada kapalannya. Perlakuan ini di lakukan sesering mungkin. Untuk mendapatkan getah banyak, sebaiknya digunakan bahan kangkung yang masih segar.

3. Sakit Kepala disertai ke luarnya nanah dari telinga (otorrhea)


Sebanyak 100g kangkung dan 100g daging anjing di rebus hingga matang, lalu di sajikan kepada penderita. Pengobatan ini di ulangi hingga beberapa hari.
Manfaat jus kangkung

4.Bengkak akibat sengatan lipan

Sebanyak 2-3 batang kangkung yang masih segar dan garam secukupnya di tumbuk hingga halus. Kangkung tersebut di tempelkan ke bagian tubuh yang di gigit lipan, lalu di balut atau di tutup dengan kain. Penngobatan dilakukan 2-3 kali sehari hingga bengkak hilang.

5.Mimisan

Kangkung dan gula secukupnya dihancurkan dan di campurkan. Hancuran nya di beri air matang, selanjutnya di sajikan ke pada penderita.

6. Pendaran pada Urin dan kotoran (tinja)

Kangkung secukupnya di cuci bersih dan di buat jus. Jus tersebut di tambahkan sedikit madu dan siap di minum.

7. Wasir (haemoroids)

Kangkung dan garam secukupnya di lumatkan, kemudian di bubuhkan ke bagian yang sakit.

8.Sakit gigi

Sebanyak 100g akar kangkung di rebus dengan air dan di tambahkan cuka secukupnya. Air rebusan di gunakan untuk berkumur kumur.

9. Susah kencing

Akar kangkung secukupnya di rebus hingga mendidih. Setelah agak dingin, air rebusan siap di minum.


PERINGATAN


Penderita dingin perut sebaik nya menghindari konsumsi kangkung