Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Kamis, 11 Desember 2014

Manfaat wortel bagi kesehatan

in manfaat sayuran

Manfaat tanaman wortel
Wortel ( Daucus carota Linn.) merupakan tumbuhan sayur yang di tanaman setiap tahun. Tanaman ini menyukai daerah bersuhu dingin dan lembab, seperti dengan daerah pegunungan dengan ketinggian 1.200 m dpl. Jenis tanah yang di sukainya berupa tanah gembur dan subur. Nama daerahnya antara lain wortel, wortol, wertol, wertel, bortol ( Jawa ), dan ortel ( Madura ).

Wortel termasuk tanaman semusim yang berbentuk rumput. Daunnya menyirip ke dalam. Bunganya berupa bunga majemuk seperti payung berwarna putih dan cokelat tua di bagian tengahnya. Batangnya pendek, basah, dan merupakan sekumpulan pelepah ( tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas sehingga berpenampilan seperti daun seledri. Umbi akarnya berwarna oranye dan berbau khas. Bila di gigit, umbinya akan berasa manis pada awalnya yang kemudian berasa agak pedas.

Perbanyakan tanaman wortel biasanya di lakukan dengan biji. Bijinya dapat di semaikan terlebih dahulu atau langsung di tanam di kebun.

Manfaat wortel


1. Batuk rejan ( Pertusis ) pada anak kecil

Sebanyak 200 g wortel dan 12 buah kurma merah cina di rebus dalam 3 mangkok air hingga airnya tersisa tinggal 1 mangkok. Air rebusan inilah yang di sajikan kepada penderita dengan cara di minum sedikit demi sedikit beberapa kali sehari hingga 10 hari berturut turut.

2. Campak atau cacar air

Wortel juga dapat di konsumsi langsung
Sebanyak 100 g wortel,  100 g ketumbar, dan 60 g water chesnuts di buat sup. Dari sup tersebut di ambil sedikit, lalu di berikan kepada penderita beberapa kali sehari.

3. Rabun senja dan memperjernih penglihatan

Wortel di kukus hingga matang, lalu di makan langsung. Hal ini di lakukan secara teratur.