Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Senin, 08 Desember 2014

Manfaat rebung bagi kesehatan

in manfaat sayuran

manfaat rebung
Rebung merupakan tunas muda bambu ( bambusa sp.) yang baru muncul di permukaan dasar rumpun. Awalnya rebung terbentuk tunas mata tidur yang pertumbuhannya lambat. Selanjutnya tunas akan berkembeng membentuk kerucut yang merupakan bentuk awal batang bambu. Pertumbuhan selanjutnya berlangsung sangat cepat, terutama saat musim hujan. Apabila terlambat di panen, dalam 2-4 bulan saja rebung sudah menjadi tanaman bambu lengkap. Dalam jumlah sedikit, pemannenan rebung dapat di lakukan sepanjang tahun walaupun sebenarnya panen berlangsung di musim hujan (sekitar bulan Desember-Februari). Biasanya rebung di panen saat tingginya mencapai 20 cm dari tanah an diameter batangnya sekitar 7 cm.

Rebung ini enak di makan dan bisa di masak menjadi gulai santan. Jenis bambu yang rebungnya sangat di gemari di Indonesia  adalah bambu bentung dan bambu ater. Rebung bambu betung adalah merupakan jenis yang paling enak di banding jenis lain nya. Tidak semua bambu memiliki rebung yang enak di makan. Beberapa jenis bambu memiliki rebung yang pahit. Rasanya yang pahit ini di sebabkan adanya kandungan asam sianida ini berkurang, biasanya orang merendam dalam air beberapa jam.

Manfaat rebung bambu


1. Batuk berdahak

Rebung sebanyak 30 g dan gula secukupnya di didihkan dalam air, lalu ramuan tersebut di sajikan kepada penderita. pemberian di lakukan setiap hari hingga sakitnya sembuh.
manfaat gulai rebung

2. Demam atau masuk angin

Asianan rebung sebanyak 30 g, bawang putih secukupnya, dan cabai merah secukupnya di masak bersama mie. Kedalam masakan tersebut di tambahkan sedikit garam dan minyak wijen untuk memberi rasa. Pemberian ramuan kepada penderita sebaiknya saat masih panas agar penderita mengeluarkan keringat.

3. Keluarnya dinding liang dubur kronis

Sebanyak 500 g asinan rebung dan 100 g daging ayam di rebus sampai masak, lalu di tambahkan garam untuk memberi rasa. Ramuan di makan tiga kali sehri selama 3-5 hari.

PERHATIAN

Orang yang menderita sakita karna jatuh, patah tulang, tegang, gangguan pada hati, bisul, dan gangguan pada perut sebaiknya hindari konsumsi rebung


1 komentar:

Manfaat Tersembunyi Rebung Yang Belum Di Ketahui
Agen Sbobet