Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Rabu, 10 Desember 2014

Manfaat terung untuk berbagai penyakit

in manfaat sayuran
Manfaat tanaman terung
 Jenis tanaman perdu yang stu ini memiliki buah yang sering di konsumsi sebagai sayur maupun lalap. Terung (Solatium melongena) Mempunyai jenis yang cukup banyak. Buahnya ada yang berbentuk bulat ada yang memanjang.Perawatan terung tergolong mudah, bahkan tidak terlalu menuntut syarat tumbuh yang khusus. Terong sudah dapat di panen pertama kali sejak umur 4 bulan. Dengan selera konsumen setempat. Umumnya terung untuk di lalap di panen saat usianya setengah tua atau belum tua benar.

Terung tumbuh hampir di semua wilayah Indonesia. baik dataran rendah ataupun dataran tinggi. Meskipun demikian, terung lebih banyak di usahakan di dataran rendah. Jenis terung cukup banyak dengan warna, bentuk, dan ukuran buah bervariasi. terung yang banyak di jual di pasaran adalah terung kopek, terung craigi, terung gelatik, dan terung medan. Umumnya yang di maksud terung dalam literatur adalah jens terung kopek yang buahnya bulat panjang, lurus, ujung tunpul, kulit licin dan mulus, serta berwarna ungu atau hijau muda.

Manfaat tanaman terung


1. Berak darah

Sebanyak satu buah terung yang masih bertangkai di panggang hingga menjadi arang. Selanjutnya, terung tersebut di tumbuk hingga menjadi bubuk. Untuk pengobatan, sebanyak 3 g bubuk di campur dengan anggur dan di minum dua kali sehari. Selain buah terung, dapat di gunakan daun terung untuk pengobatan berak darah ini. Caranya ialah daun terung di keringkan di atas apai, lalu tumbuk hingga menjadi bubuk. Sebanyak 6 g bubuk tersebut di campurkan dengan rebusan air garam, lalu di berikan kepada penderita.

2. Batuk

Sebanayak 30 g terung yang sudah tua di kupas kulitnya, lalu di rebus. Sambil di rebus, kedalamnya di tambahkan dedikit gula merah. Setelah matang, terung dapat di sajikan kepada penderita.

3. Reumatik dan radang sendi (arthritis) kronis

Manfaat terung bakar
Sebanyak 15 g akar terung di rebus, lalu airnya di berikan kepada penderita. Selain cara tersebut, cara lainnya ialah dengan cara merendam 100 g akar terung dalam 500 g anggur putih (dapat menggunakan sake) selama 1 minggu. Untuk pengobatan, Ambil 25 ml anggur tersebut, lalu di berikan kepada penderita sebanyak 2 kali sehari.

4. Radang tenggorokan kronis

Akar ternung dan gula secukupnya di buat sirup dengan cara di rebus. Sebanyak 50 sirup di hidangkan kepada pebderita  sebanyak 2-3 kali sehari.

5. Luka gigitan ular

Seluruh tanamannya terung di rebus dalam air, lalu air rebusannya di minumkan sebanyak banyaknya kepada penderita selama 2 jam setelah di gigit. Selanjutnya penderita, segera di bawa ke rumah sakit.

6. Luka bengkak karen infeksi

Sebanyak sayu buah terung di lumatkan, lalu di bubuhkan ke bagian yang luka.

7. Gatal gatal karena alergi cuaca (chilbains)

Seluruh bagian tanaman terung di rebus dalam air hingga mendidih, lalu air rebusannya di basuhkan atau di cucikan ke bagian yang sakit.