Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Selasa, 09 Desember 2014

Manfaat tanaman serai untu kesehatan dan khasiatnya

in Rempah rempah
Manfaat tanaman serai
 Orang Jawa menyebutnya sereh atau sere. Orang Sumatera menyebutnya serai, sorai atau sange sane. Orang kalimantan menyebutnya belangkak., senggalau, atau salai. Orang nusa tenggara menyebutnya see, nau sina atau bu muke. Orang sulaweai menyebutnya sare dan Orang maluku menyebutnya hisa atau isa.

Serai memiliki kandungan kimia minyak asiri yang terdiri dari geraniol, citronelal, eugenol-metil eter, kadinol, dipenten, eugenol, limonen, dan sitral.

Tanaman serai (Cymbopogon nardus) jika di lihat sekilas mirip alang alang. Tapi rumpangnya lebih besar dan bergerombol. daun serai berbentuk lurus, Pipih dengan panjang sekitar 1meter dan lebar 15 mm. Memiliki tulang daun sejajar. Daun berwarna hijau muda dengan tepi yang tajam dan permukaan yang kasar sehingga dapat melukai tangan.

Manfaat serai


1. Batuk

Keringkan 60 g serai segar. Untuk mengobati batuk, Rebus serai kering dengan air secukupnya lalu di minum.

2. Ngilu sendi

Rebus batang serai yang masih segar dengan sedikit air, lalu oleskan pada sendi yang ngilu. Atau tanaman serai di suling untuk mendapatkan kandungan minyak asirinya. Minyak serai di gosokan pada bagian sendi yang sakit.

3. Pegal pegal

Rebus 600 g batang serai yang segar beserta akarnya. Air rebusan yang masih hangat di pakai untuk mandi.

4. Diare

Cuci lalu potong 10 lembar daun serai yang masih muda menjadi beberapa bagian. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Tambahkan 1 irisan jahe yang sudah di memarkan, 1 sdm gula pasir, dan seujung sendok teh garam dapur. Minum air rebusan tersebut setelah di saring dan dingin.
Manfaat rebusan air serai

5. Encok

Tumbuk halus 5 lembar daun serai dan 5 lembar daun pandan wangi. Campurkan 1 sdm minyak kayu putih atau minyak gandapura. Gunakan sebagai obat gosok atau minyak untuk memijat bagian tubuh yang sakit 2 kali sehari.

6. Sesak napas

Ambil 10 batang serai, kupas bagian luarnya lalu cuci bersih. Rabus dalam 2 gelas air tambahkan 2 sdm gula aren. Biarkan mendidih hingga tersisa setangahnya. Saring dan dinginkan. Minumlah setiap pagi sebelum makan apa apa.

7. Khasiat lain

Minyak serai hasil sulingan dapat juga di gunakan untuk mengobati sakit kepala, nyeri lambung atau diare dengan meminumnya beberapa tetes saja.

1 komentar:

terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat, memang yang alami itu lebih baik...

http://acemaxsshop.com/