Halaman

  • RSS
Latest Post
Loading...

Rabu, 03 Desember 2014

Manfaat dan Khasiat Cabai Merah

in Herbal , Kesehatan
Cabai merah (Capsicum annum   L.)  merupakan kerabat solananceace. Selain berguna sebagai penyedap makanan, cabai merah juga dapat di gunakan sebagai pembangkit selera makan. Nama daerah untuk cabai merah ini sangat beragam, antara lain, campli (Aceh), cabe (Lampung,Sunda), lado (Minang kabau), lombok (jawa tengah), cabhi (Madura), tabia (Bali),sahang, rada, dan sambatu (Kali mantan).

 cm dan lebar tajuk nya 2-5 cm. Akar tunggang nya brbentuk bulat, bercabang, dan berwarna putih.
Manfaat Cabai Merah
Cabai merah termasuk tanaman semusim yang berbentuk perdu, berdiri tegak dengan batang berkayu, dan bercabang banyak. Tinggi tanaman dewasa antara 65-120

 Pertulangan daun nya menyirip. Bunga tunggal berbentuk bintang dan berwarna putih. Buah termasuk buah buni yang berbentuk kerucut memanjang, lurus, atau dengan permukaan licin mengkilat. Tangkai buah nya pendek berwarna hijau tua dan setalah tua berwarna merah. Bijinya pipih berdiameter sekitar 4 mm. Saat masih muda, bijinya berwarna kuning dan stelah tua berwarna coklat. Buah cabai merah mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol.
Daun nya berwarna hijau dan berbentuk bulat telur dengan pangkal dan ujung meruncing. Tapi daun nya rata dengan panjang 2-5 cm.

Manfaat Cabai Untuk Pengobatan

1. Rematik

Sebanyak 10g serbuk cabai merah di seduh dengan 1/2 gelas dan di aduk sampai bercampur merata. Seduhan ini di diamkan selama beberapa menit, lalu di balurkan ke bagian yang sakit.

2. Khasiat Lain

Cabai merah yang di konsumsi dalam makanan sehari hari di percaya dapat mencegah ilek dan menyembuhkan sariawan.